loading...

Pengertian Mood dan Perbedaan Mood Dengan Emosi

Pengertian Mood dan Perbedaan Mood Dengan Emosi

Mood adalah suasana hati yang dapat dipengaruhi karena adanya rangsangan dari luar yang kita terima. Mood biasanya memiliki nilai kualitas positif atau negatif. Mood yang baik akan terlihat dari perilaku psoitif yang ditunjukkan individu, sedangkan mood yang buruk akan terlihat juga dari perilaku buruk yang ditunjukkan individu. Secara umum, mood dengan emosi adalah satu hal yang sama. Mood adalah keadaan emosional yang bersifat sementara, bisa beberapa menit sampai beberapa minggu.

 Mood itu hanya terbagi 2, yaitu mood baik (good mood)dan mood buruk (bad mood). Sebagai contoh, tentunya kita semua pernah merasakan yang namanya “Jatuh Cinta” dengan lawan jenis merupakan mood yang baik sedangkan kita lagi tidak mau bertemu dengan seseorang merupakan mood yang buruk.

Perbedaan Mood dengan Emosi

Pengertian Mood dan Perbedaan Mood Dengan Emosi
Mood Picture

Mood sangatlah berbeda dengan emosi karena mood tidak harus disebabkan sesuatu hal. Misalnya, seseorang dapat merasakan emosi bahagia setelah menikah atau menerima hadiah, sementara mood bahagia merupakan tendensi untuk bereaksi terhadap rangsangan dari luar. Mood cenderung bertahan lebih lama daripada emosi.


Contoh lainnya Perbedaan Mood dan Emosi Versi Wekomu adalah jika seseorang bernama Omu emosi atau marah kepada seorang bernama Weko karena sesuatu,  kemudian setelah Omu marah-marah sehingga si Omu tidak ingin bertemu dengan Weko. jadi Marah nya si Omu kepada Weko merupakan Emosi, sedangkan si Omu tidak ingin bertemu dengan Weko merupakan Mood.

Comments

loading...
loading...