loading...

Kopi pertama kali dibuat untuk membantu kaum sufi tetap terjaga ibadah larut malam


kopi, Kopi pertama kali dibuat untuk membantu kaum sulfi tetap terjaga ibadah larut malam


                Sumber kopi pertama di Mocha salah satu derah di Yaman. Saat ini warga dunia meminum sajian khas tersebut tetapi, kopi pertama kali dibuat di Yaman pada sekitar abad ke-9. Pada awalnya kopi membantu kaum sufi tetap terjaga ibadah larut malam. Kemudian dibawa ke Kairo oleh sekelompok pelajat yang kemudian kopi disukai oleh seluruh kerajaan. Pada abad ke-13 kopi menyeberang ke Turki, tetapi baru pada abad ke-16 ketika kacang mulai direbus di Eropa, kopi dibawa ke Italia oleh pedagang Venesia.

kopi, suku sufi Yaman, Kopi pertama kali dibuat untuk membantu kaum sulfi tetap terjaga ibadah larut malam
kaum sufi

Sejarah Kopi

kopi, sejarah kopi, Kopi pertama kali dibuat untuk membantu kaum sulfi tetap terjaga ibadah larut malam
Enaknya ngopi

Sejarah kopi telah dicatat sejauh pada abad ke-9. Pertama kali, kopi hanya ada di Ethiopia, di mana biji-bijian asli ditanam oleh orang Ethiopia dataran tinggi.


700-1000 M Kopi dikenal pertama kali oleh bangsa Arab sebagai minuman energi (untuk begadang). Penyebaran kopi dimulai saat itu bersamaan dengan penyebaran Islam. Akan tetapi, ketika bangsa Arab mulai meluaskan perdagangannya, biji kopi pun telah meluas sampai ke Afrika Utara dan biji kopi di sana ditanam secara massal. Dari Afrika Utara itulah biji kopi mulai meluas dari Asia sampai pasaran Eropa dan ketenarannya sebagai minuman mulai menyebar.

Comments

loading...
loading...