loading...

Keragaman pendapat bentuk bumi dan bentuk bumi itu bulat didalam Al-Qur’an

bentuk bumi, bumi, materi bumi

Keragaman pendapat tentang bentuk muka bumi, flat earth merupakan menjadi trending topik di dunia seperti yang lain trend tentang bumi ini berbentuk datar, gravitasi itu tidak ada, kebohongan sains, dll. Membahas topik tentang bentuk bumi datar atau bumi membuat banyak orang awam kebingungan mana kah yang tepat mereka percayakan, bumi ini datar atau bumi ini bulat.

Bentuk bumi didalam kitab suci Al-Qur’an.

Bumi ini bulat menurut kitab suci Al-Qur’an di surah Al Naazi’aat ayat 30 :


wa(a)l-ardha ba'da dzaalika dahaahaa

Yang artinya : “Dan bumi sesudah itu dihamparkan-Nya.”

Maksudnya adalah :   Dan bumi sesudah itu dihamparkan-Nya atau kami menjadikan bumi itu berbentuk telur.  Salah satu arti  Dahaahaa adalah dihamparkan dan kata Dahaahaa juga merupakan turunan dari kata bahasa arab duya yang artinya telur. Hari ini kita mengetahui bahwa bentuk bumi tidak sepenuhnya bulat seperti bola. Bentuknya hampir seperti telur, cuman agak lonjong dan bagian tengah yang agak membesar.kata bahasa arab duya bukan bermakna telur pada umumnya, tapi maknanya lebih spesifik yaitu telur burung unta. Jika kita amati bentuk telur burung unta itu bentuknya hampir mirip seperti bola yaitu bulat. 1.400 tahun yang lalu Al-Qur’an telah menyebut bahwa bumi berbentuk Geo-Spherical.

Berikut beberapa ragam teori tentang bentuk bumi.

Geoterrapinism Theory

bumi seperti diatas punggung kura-kura raksasa
Geoterrapinism Theory
Teori ini muncul dari suku pribumi asal Amerika, Teori ini mengatakan sebenarnya kita hidup diatas punggung kura-kura raksasa.

Time Cube Theory

Time Cube Theory
Time Cube Theory
Teori ini muncul dari website yang dibuat oleh Gene Ray, bahkan dia menawarkan hadiah jika siapa yang bisa membuktikan jika teori Gene Ray salah. Teori ini mengatakan bumi terdiri dari 4 waktu, jika 1 hari menurut teori ini adalah 4 hari.

Hollow Earth Theory   

Hollow Earth Theory
Hollow Earth Theory
Teori ini muncul pada tahun 1812 dan dibuat oleh mantan kapten tentara Amerika. Teori ini mengatakan bahwa bumi ini mempunyai cangkang yang tebalnya mencapai 800 mil.

Permukaan bumi terdiri dari

  • -       Dataran rendah
  • -       Dataran tinggi
  • -       Gunung dan pegunungan
  • -       Lembah
  • -       Laut
  • -       Sungai
  • -       Danau dan waduk
  • -       Tanah



Comments

loading...
loading...